Berita Informasi Terbaik dan Terupdate 2016

Cerita Rakyat Nusantara Asal Mula Salatiga

Cerita Rakyat Nusantara Asal Mula Salatiga - Dahulu, kabupaten Semarang masuk ke dalam wilayah kesultanan Demak dan daerah ini di perintah oleh seorang Bupati Ki Ageng Pandanaran.

Beliau merupakan seorang Bupati yang sangat dipatuhi rakyat sebab tidak hanya berwibawa namun juga sangat kaya raya.

Namun, semakin lama ia semakin memperkaya dirinya dan tidak lagi peduli dengan rakyat, Sunan Kalijaga yang menjadi penasihat dari Sultan Demak berniat untuk mengingatkan Bupati.

BACA JUGA: Cerita Rakyat Nusantara Asal Mula Danau Toba 



Dengan baju yang compang camping, Sunan Kalijaga lalu menyamar menjadi pedagang rumput dan menawarkan rumput pada Ki Ageng namun ia mau membeli rumput itu dengan harga yang murah dan Sunan Kalijaga tidak mau memberikannya.

Ki Ageng menjadi marah dan mengusir Sunan Kalijaga, namun sebelum pergi Sunan Kalijaga berkata jika ia bisa memperlihatkan bagaimana mendapat kekayaan dengan mudah.

Sunan Kalijaga lalu meminjam cangkul dan menggali tanah di depan Kabupaten, Ki Ageng terkejut melihat bongkahan emas sebesar kepala kerbau dan ia memperhatikan pedagang rumput itu dengan cermat.

Sesudah ia mengetahui siapa tukang rumput itu sebenarnya, ia kaget lalu segera minta maaf dan bersedia di hukum karena kesalahannya dan Sunan Kalijaga memaafkan Ki Ageng, Sunan Kalijaga lalu berpesan supaya Ki Ageng kembali memerintah dengan cara yang benar.

Demikian ulasan dari ocidodo.net kali ini tentang salah satu kisah rakyat nusantara yakni asal mula Salatiga, semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi anda seputar cerita rakyat Indonesia, terima kasih.
Back To Top